Jasa Konsultan ISO 9001 – ISO 9001 adalah standar sistem manajemen yang paling populer di dunia, dan membantu banyak bisnis untuk membuat Sistem Manajemen Mutu (SMM) dan memastikan kualitas produk dan layanan, serta kepuasan pelanggan. Mengingat standar ini digunakan di seluruh dunia, akan ada permintaan yang berkala oleh organisasi yang merasa membutuhkan konsultan untuk membantu menunjukkan dengan tepat standar yang menentukan mutu manajemen suatu perusahaan, dan bagaimana persyaratan spesifik tersebut dapat dikaitkan dan diterapkan pada bisnis khusus mereka dan sektornya. Oleh karena itu, masuk akal bahwa banyak orang ingin menjadi konsultan, jadi apa cara terbaik untuk mencapai hal tersebut?

Sebelum iti mari kita bahas sedikit terkait Konsultan itu sendiri

Kualifikasi apa yang butuhkan Menjadi Konsultan?

Menurut Wikipedia, Konsultan (istilah alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain.

Pertanyaan yang sering muncul adalah: “Kualifikasi apa yang saya butuhkan untuk menjadi konsultan?” Ini hal yang menggelitik, tapi tidak ada kualifikasi formal yang diperlukan, setidaknya tidak di kebanyakan negara. Ini pada dasarnya berarti siapapun bisa menjadi konsultan, tanpa kualifikasi sama sekali. Ini mungkin terdengar aneh, tapi masuk akal jika Anda expert pada bidang tertentu meskipun Anda tidak memiliki sertifikasi seorang konsultan asalkan mampu menyelesaikan masalah kline maka Anda bisa menjadi seorang konsultan karna klien yang terbantu masalahnya tidak ada yang akan peduli dengan sertifikat Anda.

Namun tentu saja, pada awal karir konsultan Anda, Anda perlu menunjukkan kompetensi Anda kepada klien Anda, dan itu bukanlah pekerjaan mudah jika Anda tidak mempunyai referensi. Jadi, pada awalnya Jika Anda ingin menjadi Jasa Konsultan ISO 9001, Anda harus memiliki setidaknya hal berikut:

Sertifikat ISO 9001 – Anda setidaknya harus mendapatkan sertifikat Lead Auditor atau Lead Implementer, tapi akan lebih baik jika Anda memilikinya. Mendapatkan sertifikat tersebut tidaklah mudah, jadi jika Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang standar ini, disarankan untuk melakukan audit internal atau, setidaknya kursus dasar.

Sertifikat Manajemen Proyek – karena pekerjaan Anda tidak lain hanyalah memberikan proyek, Anda harus belajar bagaimana menjalankannya. Misalnya, Anda harus mendapatkan PMP, atau beberapa sertifikat serupa lainnya.

Pengalaman – pengetahuan teoritis tidak akan cukup, jadi Anda harus mendapatkan pengalaman melalui setidaknya salah satu dari berikut ini:

Bekerja sebagai auditor sertifikasi – melakukan audit sertifikasi akan memberi Anda wawasan yang bagus mengenai praktik dan penerapan ISO 9001, dan

Bekerja untuk konsultan lain – ini adalah cara terbaik untuk belajar tentang metode penerapan dan bagaimana cara mendapatkan klien baru, atau

Bekerja sebagai manajer mutu atau manajer penjaminan kualitas – bekerja di perusahaan adalah cara terbaik untuk mempelajari sisi klien dari cerita ini: Apa kebutuhan yang biasa terjadi? Apa bantuan ahli yang dibutuhkan?

Bekerja sebagai perwakilan manajemen SMM – bertanggung jawab atas SMM di perusahaan akan membantu Anda memahami standar dan melihat bagaimana persyaratannya dijalankan dalam kehidupan nyata, dan banyak konsultan memiliki titik awal ini.

jasa konsultan iso 9001

Jasa Konsultan ISO 9001: Keterampilan apa yang dibutuhkan?

Adalah aman untuk mengatakan bahwa seorang konsultan yang sukses akan memerlukan keahlian khusus, jadi mari kita telaah mereka secara lebih rinci:

Pengetahuan tentang standar: Jelas, tapi kritis. Konsultan ISO 9001 harus memiliki pengetahuan terperinci tentang standar dan apa yang diharapkan, dan berada di atas setiap perubahan yang terjadi.

Mata yang tajam untuk detail: Seorang konsultan diharapkan dapat mengatasi hal-hal yang mungkin dilewatkan karyawan lain, oleh karena itulah dia dipekerjakan. Sebagai konsultan, Anda memerlukan perhatian secara detail untuk memastikan bahwa Anda memberi nilai lebih pada setiap proyek yang dipekerjakan untuk berkontribusi atau dikelola.

Pemimpin yang baik: Mungkin sebagai konsultan ISO 9001 bahwa Anda mungkin harus menjembatani kesenjangan antara manajemen puncak dan angkatan kerja, dan “menjual” manfaat sebuah proyek kepada keduanya. Keterampilan kepemimpinan yang baik bisa sangat penting untuk mencapai hal ini.

Seorang komunikator yang baik: Rencana terbaik bisa salah dengan perencanaan yang tidak efektif, jadi pastikan komunikasi Anda tepat waktu, akurat, dan ringkas. Kurangnya komunikasi dapat mengarah langsung pada kurangnya kesadaran dan kompetensi dalam angkatan kerja, jadi penting untuk memastikan bahwa celah ini ditutup.

Keterampilan organisasi yang baik: Proyek ISO 9001 bisa rumit dan mungkin tidak linier: Anda mungkin mengerjakan beberapa untaian yang berbeda sekaligus. Untuk informasi lebih lanjut, baca: Empat hal yang Anda butuhkan untuk memulai proyek ISO 9001 Anda.

Pemecah masalah yang baik: Di atas segalanya, Anda akan dianggap sebagai orang yang memiliki solusi atas masalah dalam proyek ISO 9001, sehingga kemampuan untuk memecahkan masalah dan memberikan saran yang baik adalah kunci. Jika Anda tidak memiliki jawabannya, Anda akan diharapkan menemukannya. Terukur, tingkat, dan terorganisir, serta penelitian dan persiapan sebaik mungkin.

Fokus pada apa yang terbaik untuk klien

Pada akhirnya, ingatlah bahwa reputasi inilah yang akan membawa Anda kepada klien baru. Pastikan semua yang Anda lakukan, Anda melakukannya demi kepentingan klien – sebaiknya Anda tidak merekomendasikan beberapa teknologi baru kepada klien hanya karena Anda memiliki partner selling; Anda seharusnya tidak menahan beberapa informasi hanya agar klien Anda menggunakan layanan Anda nanti. Yang harus Anda lakukan adalah melindungi kepentingan klien Anda dan melampaui harapan mereka.


Membutuhkan Jasa Konsultan ISO 9001? Hubungi Kami Untuk Konsutasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *